Lompat ke isi utama
x

Visi dan Misi

Visi PSA adalah ”Menjadikan Program Studi Arsitektur yang inovatif, mandiri, berbasis kearifan lokal dan mitigasi bencana yang terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2026”. Penyusunan  visi, misi, tujuan dan sasaran PSA merujuk kepada visi misi Fakultas Teknik (FT) dan visi misi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sehingga Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran PSA searah dan selaras serta mendukung Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran PSA dari Fakultas Teknik dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

 

Misi PSA adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan program Pendidikan arsitektur yang inovatif, mandiri, berbasis kearifan lokal dan mitigasi bencana.
  2. Mempersiapkan mahasiswa/i yang responsif, entrepreneur, proaktif dalam memberi pelayanan kepada industri arsitektur, pemerintah dan masyarakat di tingkat lokal, nasional dan internasional
  3. Berperan aktif mengikuti kegiatan penelitian, pengabdian, pelatihan dan kompetisi pada tingkat lokal, nasional dan internasional sebagai upaya peningkatan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia dosen dan mahasiswa.
  4. Memperkuat dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam upaya peningkatan kompetensi PSA yang berbasis kearifan lokal dan mitigasi bencana pada tingkat Asia Tenggara.
  5. Memperkuat kualitas tata kelola yang akuntabel, transparan dan profesional untuk mendukung dan melayani kegiatan akademik PSA.

 

Untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan PSA, maka  telah disusun Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Operasional (Renop) yang merujuk pada Renstra dan Renop Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Disamping itu, pimpinan dan seluruh staf memiliki motivasi dan komitmen yang tinggi yang ditunjukkan dari sasaran yang telah ditetapkan berikut ini:

  1. Memenuhi kebutuhan Sarjana Arsitektur yang berkualitas pada industri arsitektur, instansi pemerintah, dan lembaga penelitian khususnya di Indonesia dan Asia Tenggara pada umumny
  2. Melayani kebutuhan pelatihan, penelitian dan pengabdian dari berbagai instansi dan lembaga.
  3. Meningkatkan kemampuan staf untuk mengembangan visi dan misi Program Studi Arsitektur Universitas Syiah Kuala.
  4. Memperkuat kinerja PSA dalam pelayanan akademik dan manajerial internal dan kerjasama eksternal