Lompat ke isi utama
x
Arsitektur Unsyiah Raih Akreditasi A

Prodi Arsitektur Unsyiah Raih Akreditasi A, Ini Harapan Ketua IAI Aceh

Program Studi (Prodi) S1 Arsitektur, Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) meraih Akreditasi A. Nilai akreditasi tersebut ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang diterbitkan pada 30 Juli 2019 dengan jumlah 376 poin.

Ketua Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Provinsi Aceh, Aulia Rachman, kepada aceHTrend mengatakan perjuangan panjang Prodi Arsitektur Unsyiah yang berdiri sejak tahun 1997 ini patut diapresiasi.

“IAI Aceh mengucapkan selamat atas perolehan akreditasi A yang diraih oleh Prodi Arsitektur Unsyiah,” ujar Aulia Rachman yang akrab disapa Abi, Sabtu (10/8/2019).

Aulia berharap organisasi yang dipimpinnya dapat menjalin kerja sama dengan Unsyiah. Masih menurut Aulia, IAI berkewajiban untuk mendorong agar pendidikan lima tahun dapat disinergikan dengan program profesi, di mana target program pada Strata 1 selama empat tahun dan satu tahun untuk Program Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr). Hal itu menurutnya merupakan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Arsitek.

Dengan perolehan akreditasi A untuk Prodi Arsitektur Unsyiah, IAI juga memberikan saran kepada Prodi Arsitektur untuk dapat menjembatani pengabdian profesi dengan perkembangan ilmu di Prodi Arsitektur.

“Dengan demikian, masyarakat akan memperoleh manfaat dari alumni dan akademisi kampus,” kata Aulia.

Ketua Prodi S1 Arsitektur Unsyiah, M. Haiqal, mengatakan poin yang diraih oleh prodi ini tertinggi se-Universitas Syiah Kuala. Ke depan, Haiqal berharap Arsitektur Unsyiah dapat terus berinovasi dan mandiri serta terkemuka di Asia Tenggara.

“Semoga capaian ini menjadi semangat bagi Prodi Arsitektur Unsyiah untuk mewarnai dunia arsitektur yang terus berkembang pesat, tanpa menghilangkan jejak kearifan lokal, yang sejalan dengan konseptualisasi mitigasi bencana, serta mampu menjawab tantangan era industri 4.0,” ujar Haiqal melalui rilis yang diterima aceHTrend.

Untuk itu, Haiqal mengucapkan apresiasi kepada Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal MEng, Dekan Fakultas Teknik Dr Ir Taufiq Saidi, MEng, Ketua Jurusan Arsitektur Dr Ir Izziah, MSc, Tim Borang Akreditasi, dosen, Ikatan Kelurga Alumni (IKA) Arsitek Unsyiah, dan seluruh mahasiswa atas partisipasinya sehingga Prodi Arsitektur Unsyiah berhasil memperoleh akreditasi A.[]

 

Editor : Ihan Nurdin

Sumber: ACEHTREND.COM, Banda Aceh

https://www.acehtrend.com/2019/08/10/prodi-arsitektur-unsyiah-raih-akreditasi-a-ini-harapan-ketua-iai-aceh/

Tag